SKRIPSI

Penulis / NIM
KARMILA / 231416069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
KARMILA, 2019. Problematika Pembelajaran IPS Terpadu Di SMPNegeri 4 Bunobogu Skripsi program studi SI Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Darwin Une, M.Pd sebagai pembimbing I, Hj. Yusni Pakaya, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Bunobogu serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan cara pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi berkaitan dengan problematika dalam pembelajaran IPS Terpadu dan upaya guru untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Bunobogu. Problematika tersebut antara lain yakni problematika guru dan problematika siswa, dimana problematika guru disini meliputi kurangnya saran dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu, penggunaan metode belajar yang masih menoton, pengelolaan kelas yang kurang baik, serta sumber belajar/materi bahan ajar yang digunakan guru masih kurang akibatnya berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu. Sedangkan problematika yang dihadapi oleh siswa adalah malas belajar, ribut di kelas atau tidak memperhatikan guru saat menjelaskan dan cepat bosan. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang terjadi di SMP Negeri 4 Bunobogu yakni dengan cara guru mengadakan pertemuan dengan wali murid SMP Negeri 4 Bunobogu yang bermasalah pada mata pelajaran IPS Terpadu setiap menjelang libur semester, mengadakan sharing dengan kepala sekolah terkait dengan masalah yang dihadapi pada pembelajaran IPS Terpadu, Guru mencoba menerapkan metode belajar yang bervariasi kepada siswa dan siswi selain metode ceramah, serta melakukan program remidial kepada siswa dan siswi yang bermasalah pada nilai khususnya mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci : Problematika, Pembelajaran IPS Terpadu
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011