Penulis / NIM
						SURATMAN ONU / 231416071
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
						Pembimbing 1 / NIDN
						Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
						Pembimbing 2 / NIDN
						TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
						Abstrak
						Suratman Onu, NIM 231416071. 2021. Skripsi Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X1 IPS Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Darwin Une, M.Pd selaku pembimbing 1 dan Bapak Tonny Iskandar Mondong, S.S., MA selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS di SMA Muhammadiyah Gorontalo. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Gorontalo yang berjumlah 28 orang. 
Hasil penelitian mengacu pada hasil pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan Keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Dari analisis diperoleh persamaan regresi antara lingkungan Keluarga dengan prestasi belajar adalah  . Model regresi ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu skor lingkungan keluarga akan diikuti oleh penaikan skor  nilai prestasi belajar sebesar 0,195 unit pada konstanta  . Dengan kata lain makin tinggi skor lingkungan Keluarga, makin tinggi prestasi belajar siswa yang diperoleh. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis, yakni pengujian terhadap koefisien regresi dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitunga nilai   nilai   atau 2,72 > 1,70, maka  ditolak ( , yang berarti terdapat pengaruh antara lingkungan Keluarga terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Lingkungan keluarga, Prestasi Belajar Siswa
						Download berkas