Penulis / NIM
SITI HARTINA SUGEHA / 231416075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
Abstrak
Siti Hartina Sugeha. 2020 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model (STAD) di SMK 23 Maret Kotamobagu Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah Apakah Dengan Menggunakan Model Pembelajran STAD Dapat Meningkatan Hasil Belajar Siswa di SMK 23 Maret Kotamobagu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setiap siklus mencangkup, Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan tindakan , Tahap Pengamatan dan evaluasi, Tahap Analisis dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa di lihat dari skor rata-rata susai KKM 75. Pada pertemuan awal diperoleh siswa dengan nilai rata-rata 59.4%, siklus pertama pertemuan 1 meningkat menjadi 62.23%. dan pertemuan ke II meningkat menjadi 74%. Dan di lanjuti dengan siklus ke 2 meningkat lagi menjadi 83.76%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan Model Pembelajarn Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siwa Kelas X TKJ SMK 23 Maret Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kabupaten Kota Kotamobagu.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)
Download berkas