Penulis / NIM
AGUSTIN HUSAIN / 231416076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
Agustin Husian.231416076, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah melalui model Pembelajaran Cooperatif Learning Typ STAD (Student Team Achievement Division) PadaSiswaKelas XII Di SMA NEGERI 1 DULUPI. Jurusan Pendidikan Sejarah FakultasI lmuSosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Drs. Darwin Une, M.PD dan Pembimbing 2, Dra. Resmiyati Yunus, M.PD
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Cooperative Learning Type STAD (Student Team Achievement Divisio) Pada Siswa Kelas XII Di SMA NEGERI 1 DULUPI Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Classroom). Siswa yang dikenai tindakan adalah kelas XII yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 21 orang sisswa perempuan.
Berdasarkan hasil tindakan pada siklus 1 hasil belajar siswa di peroleh hanya hasil 63%(15 siswa) memperoleh nilai 75 keatas atau tuntas, sementara siswa yang belum tuntas 52% (16 siswa) atau belum memenuhi criteria ketuntasan. Aktifitas Guru padasiklus 1 kriteria sangatbaik 10 atau 31%, baik 17 atau 53% cukup 5 atau 16% kurang 0 atau 0%. Sedangkan pada siklus II di peroleh hasil belaja rsiswa 87% (27 siswa) memperoleh nilai 75 keatas atau sudah tuntas, sementara siswa yang tidak tuntas 13% (4 siswa). Aktivitas guru pada siklus II kriteria sangat baik 22 atau 69%, baik 10 atau 31%, cukup 0 atau 0%, kurang 0 atau 0%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Type STAD data meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XII SMA NEGERI 1 DULUPI.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD
Download berkas