Penulis / NIM
MAGVIRA / 231416078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
Magvira, Nim 231416078, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII Smp Alkhairaat Tandaigi Kab. Parigi Moutong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une M.Pd dan Pembimbing II Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas VIII Smp Alkhairaat Tandaigi Kab. Parigi Moutong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa soal latihan yang bertujuan untuk melihat dan mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran setelah dilakukan tindakan kelas. Serta instrumen nontes berupa lembar observasi, catatan lapangan, dan lembar wawanacara. Hipotesis tindakannya adalah penggunaan model Jigsaw ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas VIII Smp Alkhairaat Tandaigi Kab. Parigi Moutong. Indikator target keberhasilan yang ingin dicapai dengan satandar KKM 75.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model Jigsaw, penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS Terpadu dari siklus I ke siklus II. Pada tahap observasi yang tuntas 9 siswa (34%) , sedangkan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 17 siswa (65%), setelah menggunakan model pembelajaran Jigsaw ada peningkatan dari siklus I pertemuan ke II terlihat ada 18 (69%) siswa yang tuntas dan 8 (30%) yang tidak tuntas, kemudian pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas 21 (80%), sedangkan yang belum tuntas ada 5 (19%) siswa. Dengan demikian terjadi peningkatan sebanyak 3 orang siswa (11%) sampai dengan 21 siswa yang mencapai ketuntasan (80%).
Kesimpulannya bahwa peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw di kelas VIII Smp Alkhairaat Tandaigi Kab. Parigi Moutong.
Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Jigsaw
Download berkas