Penulis / NIM
TAUFIK PULUHULAWA / 231417002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
Taufik Puluhulawa. NIM 231417002. Judul Skprisi Beberapa Hambatan Dalam Pembelajaran Daring dan Luring Mata Pelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Darwin Une, S.Pd, Pembimbing II Bapak Helman Manay, S.Pd, M.Hum.
Penelitian ini memilili tujuan, yakni untuk mengetahui: pertama bagaimana penerapan sistem belajar daring dan luring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kabila, Kedua Untuk mengetahui bagaimana kendala-kendala yang dihadapi saat penerapan sistem belajar daring dan luring pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 KABILA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di Kabupaten Bone Bolango, Sumber data yang digunakan yaitu diambil dari beberapa informan atau narasumber yang di wawancarai mengenai Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kabila
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kabila yaitu menggunakan sistem daring dan luring dengan menggunakan RPP satu lembar mengikuti anjuran pemerintah. Hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah yaitu kurangnya antusias siswa, pengaruh teman yang bandel, interaksi antara guru dan siswa yang terbatas, terbatasnya akses jaringan yang tidak memadai dan media dalam mengikuti pembelajaran, sedangkan luring kurangnya pengawasan guru terhadap siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Daring dan Luring, SMAN 1 Kabila
Download berkas