SKRIPSI

Penulis / NIM
NAWARA UTIARAHMAN / 231417010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
RENOL HASAN, S.Pd, M.Pd / 0024048502
Abstrak
Nawara Utiarahman. NIM 231417010. Judul Skripsi Model Pembelajaran Value Clarification Technique pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Resmiyati Yunus M.Pd, Pembimbing II Bapak Renol Hasan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini memiliki tujuan, yakni untuk mengetahui: pertama bagaimana proses pembelajaran afektif pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo, kedua untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo, dan ketiga untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap nilai yang terkandung dalam materi proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui model pembelajaran Value Clarification Technique. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Sumber data yang digunakan yaitu diambil dari beberapa informan atau narasumber yang diwawancarai mengenai penerapan model pembelajaran value clarification technique pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, para guru sejarah menggunakan berbagai model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi sejarah yang akan diajarkan, salah satunya adalah Model Pembelajaran Value Clarification Technique. Melalui model pembelajaran value clarification technique guru sejarah di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo dapat melatih peserta didik menjadi pribadi yang lebih berani dalam memilih, menyampaikan, dan menerapkan nilai-nilai yang dianggapnya baik. Model Pembelajaran Value Clarification Technique mampu meningkatkan kemampuan afektif peserta didik karena dalam prosesnya lebih ditekankan pada pembentukan sikap dan karakter yang positif. Berbagai kelebihan yang terdapat pada model pembelajaran ini tentu saja diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran afektif di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Kata Kunci : Pembelajaran Afektif, Model Pembelajaran, Value Clarification Technique
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011