Penulis / NIM
DUWI FITRI ANDANI / 231417016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran di MAN 1 Kota Gorontalo, untuk mengetahui penerapan model pembelajaran serta mengetahui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di MAN 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Deskripsi Kualitatif dengan analisis data dan deskripsi. pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di MAN 1 Kota Gorontalo guru- guru dalam melaksanakan proses pembelajaran melakukan perencanaan pembelajaran yang didalamnya menyiapkan RPP, bahan ajar, materi, alat-alat penunjang pembelajaran. Pada proses pelaksanaannya guru- guru menggunakan berbagai model yang disesuaikan dengan materi pembelajaran sejarah, salah satunya adalah Model Teams Games Tournament (TGT). Model TGT adalah sebuah model pembelajaran yang menambahkan dimensi kegembiraan dalam proses pembelajarannya yang diperoleh dari penggunaan. Pada model pembelajaran TGT tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya, akan tetapi diharapkan dapat diantisipasi oleh guru dan sekolah begitu juga dengan kelebihan dari model ini. Kelebihan dari model ini tentu saja diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran di MAN 1 Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajan, Pembelajaran Sejarah, Model TGT
Download berkas