SKRIPSI

Penulis / NIM
ZULKIFLI PATUTI / 231417019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
ABSTRAK Zulkifli Patuti, Nim 231417019, Judul Skripsi Studi Komparasi Antara Pembelajaran Daring dan Luring pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd, Pembimbing 2. Helman Manay, S.Pd., M.Hum Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; Pertama, Proses pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo pada masa pandemi covid-19. Kedua, Persepsi guru dan siswa SMA Negeri 4 Kota Gorontalo terhadap proses pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran sejarah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana sumber data yang digunakan berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah interaktif dimana dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan yang dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama, Proses pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo pada masa pandemi covid-19 berjalan kurang baik. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran daring mengalami kendala berupa laptop, gawai, hingga jaringan internet yang tidak semua siswa memilikinya. Dalam pembelajaran luring pada masa pandemi covid-19 pun berjalan kurang baik. Hal ini disebabkan kondisi yang tidak memungkinkan dengan alasan kesehatan, terutama saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kedua, Persepsi guru dan siswa SMA Negeri 4 Kota Gorontalo terhadap proses pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran sejarah berpendapat bahwa terjadi perbedaan antara pembelajaran yang bersifat daring dan luring. Hal ini dikarenakan pelaksanaa pembelajaran luring membuat guru dan siswa lebih memiliki interaksi yang produktif karena bertatapan langsung. Sedangkan pada pembelajaran daring dengan pola komunikasi yang tidak bertatapan langsung memberikan interaksi yang kurang produktif. Kata Kunci : Studi Komparasi, Daring dan Luring
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011