Penulis / NIM
ISMET RAHMAN / 231417027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
ABSTRAK
Ismet Rahman. 2021. Peran Smartphone Dalam Kelas Sebagai bantuan Untuk media Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Boalemo.Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Sutrisno mohamad, S.Pd, M.Pd dan Helman Manay, M.Hum,.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peranan Smartphone sebagai alat bantu untuk media pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Boalemo, dan juga untuk mengetahui peranan smartphone dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : pertama, Peranan Smartphone dalam pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Boalemo menjadi salah satu bantuan untuk siswa dalam proses pembelajaran, sehingga bisa menambah wawasan mereka dan juga bisa mempermudah mereka didalam belajar, khususnya pada mata pelajaran sejarah. Kedua, peranan smartphone di Madrasah Aliyah Negeri 1 Boalemo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran, bisa dilihat dari keaktifan siswa di kelas dikarenakan adanya bantuan smartphone. Para siswa lebih suka belajar dengan adanya bantuan dari smartphone, dikarenakan lebih mempermudah mereka pada saat belajar. Metode yang digunakan didalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sejak tahun 2018, para siswa di MAN 1 Boalemo diijinkan menggunakan Smartphone di kelas untuk dijadikan sebagai alat bantu agar mempermudah siswa dalam belajar. Peranan smartphone di sekolah menjadi salah satu bantuan untuk siswa dalam proses pembelajaran, sehingga bisa menambah wawasan mereka dan juga bisa mempermudah mereka dalam belajar. Alasan dari penggunaan smartphone sebagai bantuan untuk media pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Boalemo sekolah yang berbasis IT (information teknologi). pada masa pandemi peran smartphone dalam pembelajaran sangat berpengaruh, terlebih lagi dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah. Terlebih lagi pada masa pandemi siswa dilarang untuk belajar tatap muka sehingga harus melakukan pembelajaran online, jadi untuk melaksanakan pembelajaran harus menggunakan smartphone untuk bisa berkomunikasi dengan guru ataupun teman. Terkait hasil belajar siswa dapat dilihat pada peningkatan nilai mata pelajaran sejarah. Hal ini dibuktikan dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan smartphone pada tahun 2018 dan setelah menggunakan smartphone pada tahun 2020.
Kata Kunci : Perananan Smartphone, Proses pembelajaran sejarah, MAN 1 Boalemo.
Download berkas