Penulis / NIM
VEGGY IKRAWATI MOKOAGOW / 231417052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
ABSTRAK
Veggy Ikrawati Mokoagow.231417052, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran STAD di Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP N 1 Kotamobagu
Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing 2. Helman Manay, S.Pd. M.Hum
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan ingin mengetahui dalam pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Motivasi Belajar Siswa.
Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu penulis akan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang di hadapi guru dalam proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar, selama ini guru-guru dikelas hanya menggunakan model yang konvensional dalam mengajar. Sehingga siswa-siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut. Guru tidak melakukan variasi dalam mengajar. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran yang baru untuk merangsang pembelajaran siswa, sehingga dalam proses pembelajaran terjadi yang namanya umpan balik antara siswa dan guru.
Pada model pembelajaran ini, guru memberikan kebebasan pada siswa untuk bereksplorasi dan memecahkan masalahnya dengan sendiri, tetapi tidak luput dari pantauan seorang guru. Setelah penelitian dilakukan dengan 2 siklus, peneliti mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Setiap siklus pembelajaran siswa perlahan-lahan mulai nampak perubahannya, puncaknya yaitu saat dilakukan refleksi pada siklus 2. Pada siklus ini perubahan dalam pembelajaran lebih nampak lagi, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Model pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Siswa sangat berhasil baik.
Kata Kunci : Motivasi Belajar , Model Pembelajaran STAD , IPS Terpadu
Download berkas