Penulis / NIM
WINDI LAIMA / 231417056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
Windi Laima. 2021. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui pembelajaran Numbered Head Together di SMA Negeri 1 Buntulia. Skripsi. Program studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bapak Drs. Darwin Une M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Sutrisno Mohamad, S.Pd, M.Pd, selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Buntulia menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research yang menggunakan 1 siklus dengan 2 kali pertemuan, pengambilan data diambil dari nilai siswa pada mata pelajaran sejarah yang menurun dan dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa, menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa ; Prestasi belajar siswa melalui model Numbered Head Together (NHT) di SMA Negeri 1 Buntulia terhadap pelajaran sejarah dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Hal ini dapat dilihat dari penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran sejarah siklus 1 pertemuan kedua meningkat menjadi 22 orang jika dibandingkan dengan siklus 1 pertemuan kedua yakni 10 orang dari 27 siswa. Hal ini membukrtikan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di SMA Negeri 1 Buntulia dapat meningkat.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Download berkas