SKRIPSI

Penulis / NIM
YAYUNDA N. AHMAD / 231417059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
ABSTRAK Yayunda N. Ahmad, 231417059, 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 5 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Darwin Une, M.Pd. dan Pembimbing II Helman Manay, S.Pd.,M Hum. Permsalahan utama penelitian ini terkait dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Khususnya materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui implementasi penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Maka hasil belajar siswa akan meningkat. Siswa dikenai tindakan adalah 25 Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 5 Gorontalo, tahun ajaran 2021-2022. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa setelah metode diskusi diterapkan menunjukan adanya peningkatan hasil pembelajaran dari siklus 1 dari sejumlah 25 orang siswa. Siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar ada 17 siswa atau 68% dan siklus II yang memperoleh ketuntasan hasil belajar siswa ada 24 siswa atau 96%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi hasil belajar siswa tentang materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan di Kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo. Kata kunci : Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011