SKRIPSI

Penulis / NIM
ZAFIR AHMAD MIDU / 231417068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK Midu, Zafir Ahmad. 2022. Kreativitas Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di MAN I Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd. dan Tonny Iskandar Mondong, SS.,MA. Peran guru dalam mengkoordinir para siswa itu hal yang penting untuk membantu para siswa belajar dan melatih pemahaman siswa. Bukan hanya itu juga, guru harus mampu bisa membentuk rasa nasionalisme pada diri peserta didik dan itu memerlukan kreativitas dari seorang guru menumbuhkan rasa nasionalisme pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sikap nasionalisme Pada peserta didik terutama Di MAN 1 Kota Gorontalo bertujuan agar peserta didik memiliki rasa cinta terhadap tanah air Indonesia dan terhindar dari konflik-konflik yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dimasa kini maupun masa yang akan datang. Selain itu dengan adanya sikap nasionalisme yang dimiliki oleh peserta didik di MAN 1 Kota Gorontalo siswa diharapkan dapat saling menghargai dan bekerja sama meskipun berasal dari daerah yang berbeda-beda. menanamkan sikap nasionalisme kepada peserta didik sudah dilaksanakan yakni melalui persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam model pembelajaran serta kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran-pembelajaran sejarah di MAN 1 Kota Gorontalo tentunya berjalan efektif. Dalam mengatasi siswa agar tidak bosan untuk mengikuti pelajaran guru sering melakukan inovasi pada proses pelaksanaan pembelajaran seperti guru sering mengajak siswa untuk belajar di luar sekolah yakni di lingkungan sekolah, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar siswa tidak mengantuk saat menerima materi. Kata Kunci : Kreativitas Guru Sejarah, Sikap Nasionalisme, Peserta didik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011