Penulis / NIM
NURHALIZAH BOKINGO / 231418013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK
Nurhalizah Bokingo. Nim 231418013. SKRIPSI Efektivitas Penerapan Metode Problem Solving Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Limboto. Pembimbing I Ibu Dra. Resmiyati Yunus,M.Pd, pembimbing II bapak Tonny Iskandar Mondong S.S, M.A
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui: Penerapan metode problem solving learning pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Limboto dan untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah penerapan metode pembelajaran problem solving learning. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, dengan jumlah 26 orang.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan keaktifan siswa dan minat dalam proses pembelajaran. Indikator peningkatan tersebut dapat dicermati berdasarkan hasil presentase pada siklus 1 dari sejumlah 26 orang siswa telah mencapai ketuntasan 61% dari 16 orang siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kemudian pada siklus II semakin meningkat dapat dilihat pada hasil presentase siswa yang tuntas menjadi 19 orang atau 73%. Pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving hasil belajar siswa tentang Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial Dan Kebangsaan di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Limboto dapat mengalami peningkatan.
Kata Kunci :Hasil belajar, Metode Problem Solving, SMP Negeri 1 Limboto
Download berkas