SKRIPSI

Penulis / NIM
FIDYAWATI POMONTOLO / 231418028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
Fidyawati Pomontolo, NIM 231418028 Skripsi yang berjudul Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Skripsi, Sarjana Pendidikan (S1), Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sutrisno Mohamad, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap tindakan terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Sumber data berasal dari tes yang diperoleh siswa. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk essay. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I, dimana motivasi belajar siswa yang memperoleh kriteria Sangat Baik sebesar 3,33% atau 1 orang, kriteria Baik 20% atau 6 orang, Cukup 40% atau 12 orang dan kurang 36,67% atau 11 orang. Pada penelitian tindakan kelas siklus II terjadi peningkatan, dimana motivasi belajar siswa yang memperoleh kriteria Sangat Baik sebesar 30% atau 9 orang, Baik 60% atau 18 orang, dan Cukup 10% atau 3 orang. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Numbered Head Together, SMA Negeri 6 Gorontalo Utara
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011