SKRIPSI

Penulis / NIM
AINUN MOKOAGOW / 231418035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK Ainun Mokoagow. NIM 231418035. Judul Skripsi Linearitas Keilmuan Guru dengan Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbingan Bapak Drs. Hi. Darwin Une, M.Pd selaku pembimbing I, Dan Bapak Sutrisno Mohamad, S.Pd.,M.Pd., Sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Pertama, linearitas keilmuan guru dengan pembelajaran sejarah, Kedua Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi linearitas keilmuan guru dengan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Gorontalo. Metode yang digunakan adalah Metode penelitian Kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data malalui wawancara, observasi dan dokumentasi: Pertama Wawancara dengan para informan yang dianggap mengetahui dan mampu memberikan informasi tentang masalah yang dibahas. Kedua, Observasi Pada tahap ini peneliti melakukan observasi dengan mengunjungi langsung SMA Negeri 3 Gorontalo dan melihat langsung proses pembelajarannya. Ketiga, Dokumentasi peneliti akan mendokumentasikan hasil-hasil penelitian berupa data penelitian, catatan-catatan harian dan foto-foto selama penelitian agar penelitian ini dapat dipercaya keasliannya. Hasil Penelitian menunjukan bahwa : Pertama, proses pembelajaran Sejarah yang di ajarkan oleh guru yang tidak linear dengan latar pendidikannya tidak memiliki pengerauh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada awalnya guru tidak linear memang memiliki kesulitan dalam memahami materi sejarah, oleh karena itu kesiapan dan persiapan sebelum mengajar di butuhkan. Guru tidak linear mengkombinasikan penggunaan model pembelajaran Learning By Doing, Problem Discovery, Picture And Picture, dan Project melakukan evaluasi dan penguatan materi, menggunakan media pembelajara, di sesuaikan dengan materi yang diajarkan saat itu sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran. Kedua Faktor adanya guru tidak linear dengan latar belakang pendidikannya yaitu karena kurangnya tenaga pendidik dan banyaknya jam pelajaran. Dari beberapa faktor tadi itu efeknya ke sertifikasi tidak cukupnya jam guru sesuai dengan kewajiban UUD yang sudah ditetapkan. sehingga kadang-kadang guru itu untuk memenuhi kewajibannya disekolah. Kata kunci: Linieritas pendidikan, Proses Pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011