Penulis / NIM
SINTIA LACOMPO / 231418037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
Sintia Lacompo. 2022. Kampus Mengajar Perintis Pembelajaran Tematik Di SD
Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota, Kab. Tojo Una-Una. Skripsi Jurusan S1
Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah
bimbingan Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd., selaku pembimbing I, dan Bapak
Sutrisno Mohamad, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; Pertama, Penerapan
Kampus Mengajar Perintis di SD Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota, Kab.Tojo
Una-Una. Kedua, Keefektifan Pembelajaran Kampus Mengajar Perintis di SD
Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota, Kab. Tojo Una-Una. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Dimana sumber data yang
digunakan berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama, Penerpan Kampus
Mengajar Perintis di SD Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota. Kab. Tojo Una-
Una bisa meningkatkan banyak perubahan yang ada contohnya, dengan adanya
mahasiswa yang di utus langsung dari kampus untuk mengikuti program kampus
mengajar perintis sehingga mahasiswa banyak memberikan perubahan yang ada di
sekolah bisa dilihat dengan peserta didik yang mulai aktif datang kesekolah untuk
belajar. mahasiswa yang aktif turut membantu guru-guru yang tida sempat masuk,
dan mahasiswa KMP turut mengambil waktu untuk memberikan pelajaran. Kedua,
Keefektifan Pembelajaran Kampus Mengajar Perintis di SD Negeri 17 Ampana,
Kec. Ampana Kota. Kab. Tojo Una-Una berjalan dengan baik selama peserta KMP
mengikuti program ini, bahkan guru merasa terbantu dengan adanya mahasiswa dan
tida merasa terbebani sama sekali bahkan peserta didik merasa lebih nyaman belajar
dan mengambil waktu untuk belajar diperpustakan. Peserta KMP lebih sering
memotivasi siswa untuk terus belajar bahkan memberikan kreativitas-kreativitas
untuk siswa, mahasiswa KMP terlibat aktif dalam kelas sehingga menimbulkan
perubahan pada siswa dari siswa yang malas masuk, akan tetapi mahasiswa KMP
datang dirumahnya siswa dengan ijin orang tua siswa, agar siswa tersebut bisa
diajak kesekolah, dan siswa yang belum lancar membaca mahasiswa KMP buatkan
jadwal untuk belajar sore di rumah dan juga kadang mereka sering di ajak belajar
di perpustakaan pada saat jam istirahat.
Kata Kunci : Penerapan Kampus Mengajar Perintis
Download berkas