Penulis / NIM
NENGKI LANTI / 231418041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
RENOL HASAN, S.Pd, M.Pd / 0024048502
Abstrak
ABSTRAK
Nengki Lanti. Nim 231418041. Judul Skripsi Pembelajaran Sejarah Berbasis Online Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Sarjana Pendidikan (S1), Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd. Pembimbing II Renol Hasan, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran sejarah berbasis online di SMA Negeri 2 Gorontalo. Untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran online pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskripsi Kualitatif dengan analisis data Deskripsi, pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa di SMA Negeri 2 Gorontalo bahwa guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran melakuakan perencanaan pembelajaran yaitu yang di dalamnya berupa Silabus, RPP, yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, perangkat pembelajaran, materi dan alat-alat penunjang lainnya. Pada proses pelaksanaan pembelajaran masih secara online atau daring disekolah tersebut, pada proses pembelajaran daring guru menggunakan Google meet dan Zoom. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah metode E-learning, karena metode E-learning ini dapat membantu terciptanya proses pelajar mengajar yang efektif dan efisien. Adapun kesulitan dalam pembelajaran daring yaitu siswa yang tidak memiliki alat penunjang seperti handphone dan laptop sehingga para guru mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran daring yang kedua siswa tidak memiliki data/kuota internet dalam melakukan pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah Berbasis Online
Download berkas