SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMONAWATTI BAKAR / 231418042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. JONI APRIYANTO, M.Hum / 0001046805
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK Ramonawatti Bakar, NIM 231418041. 2009. Keterampilan Variasi Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Drs. Joni Apriyanto, M.Hum., dan Pembimbing (II) Sutrisno Mohamad, S.Pd., M.Pd. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penenlitian ini untuk mengetahui; Pertama, Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Kedua, Keterampilan Variasi Guru pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Ketiga, Kendala apa saja yang dihadapi guru saat menerapkan keterampilan variasi Mengajar di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskripsi Kualitatif dengan analisis data Deskripsi, pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama, pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo sangatlah efektif karena siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik, guru-guru di sekolah ini juga sangatlah kreatif dan inovatif untuk menarik siswa belajar sejarah. Pembelajaran Sejarah di sekolah ini bukan hanya mengguakan metode ceramah saja tapi juga menggunakan metode diskusi, metode karyawisata dan metode Tanya jawab. Kedua, Keterampilan variasi mengajar guru pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo baik dalam mengadakan keterampilan variasi baik perubahan dalam gaya mengajar, pengunaan media alat pembelajaran yang sesuai, serta perubahan pola interaksi siswa dalam kegiatan belajar, Agar kegiatan dalam pembelajaran tersebut tidak menimbulkan kebosanan ataupun kejenuhan bagi siswa dan Guru juga bisa lebih mudah menggikuti panduan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) karena keterampilan variasi memiliki komponen-komponen yang ada di RPP seperti penggunaan media dan alat pembelajaran. Ketiga, Kendala yang dihadapi guru saat menerapkan keterampilan variasi Mengajar di SMA Negeri 2 Gorontalo yaitu: karakteristik siswa, siswa yang selalu keluar masuk kelas, penempatan jam pelajaran seperti di akhir pembelajaran membuat suasana kelas menjadi gerah yang membuat siswa malas dalam mengikuti pembelajaran dan juga dari guru seperti guru yang kurang kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci: Keterampilan Variasi Guru Pada Mata Pelajaran Sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011