Penulis / NIM
RAMONAWATTI BAKAR / 231418042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. JONI APRIYANTO, M.Hum / 0001046805
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
Ramonawatti Bakar, NIM 231418041. 2009. Keterampilan Variasi
Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi,
Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing
(I) Drs. Joni Apriyanto, M.Hum., dan Pembimbing (II) Sutrisno Mohamad, S.Pd.,
M.Pd. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penenlitian ini untuk mengetahui; Pertama, Pembelajaran Sejarah di SMA
Negeri 2 Gorontalo. Kedua, Keterampilan Variasi Guru pada mata pelajaran sejarah
di SMA Negeri 2 Gorontalo. Ketiga, Kendala apa saja yang dihadapi guru saat
menerapkan keterampilan variasi Mengajar di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian Deskripsi Kualitatif dengan analisis data
Deskripsi, pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama, pembelajaran
sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo sangatlah efektif karena siswa dapat menerima
materi pembelajaran dengan baik, guru-guru di sekolah ini juga sangatlah kreatif
dan inovatif untuk menarik siswa belajar sejarah. Pembelajaran Sejarah di sekolah
ini bukan hanya mengguakan metode ceramah saja tapi juga menggunakan metode
diskusi, metode karyawisata dan metode Tanya jawab. Kedua, Keterampilan variasi
mengajar guru pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo baik dalam
mengadakan keterampilan variasi baik perubahan dalam gaya mengajar, pengunaan
media alat pembelajaran yang sesuai, serta perubahan pola interaksi siswa dalam
kegiatan belajar, Agar kegiatan dalam pembelajaran tersebut tidak menimbulkan
kebosanan ataupun kejenuhan bagi siswa dan Guru juga bisa lebih mudah
menggikuti panduan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) karena
keterampilan variasi memiliki komponen-komponen yang ada di RPP seperti
penggunaan media dan alat pembelajaran. Ketiga, Kendala yang dihadapi guru saat
menerapkan keterampilan variasi Mengajar di SMA Negeri 2 Gorontalo yaitu:
karakteristik siswa, siswa yang selalu keluar masuk kelas, penempatan jam
pelajaran seperti di akhir pembelajaran membuat suasana kelas menjadi gerah yang
membuat siswa malas dalam mengikuti pembelajaran dan juga dari guru seperti
guru yang kurang kreatif dalam melaksanakan pembelajaran.
Kata Kunci: Keterampilan Variasi Guru Pada Mata Pelajaran Sejarah
Download berkas