SKRIPSI

Penulis / NIM
DINDA KUNSI / 231418051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
ABSTRAK Dinda Kunsi. 2022. Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Bahan Belajar Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd., selaku pembimbing I, dan Bapak Helman Manay, S.Pd, M.Hum., selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan cerita rakyat sebagai bahan belajar mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Kotamubagu, dan manfaat cerita rakyat untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Kotamubagu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dapat dilakukan dengan suatu proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfatan cerita rakyat sangat penting untuk bahan belajar mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Kotamobagu, karena dengan pemanfaatan cerita rakyat dapat mempermudah siswa untuk memahami materi yang diberikan sehinga dapat juga membangun minat serta motivasi siswa dalam belajar sejarah, dengan memanfaatkan cerita rakyat yang ada di daerah salah satunya cerita rakyat Bolaang Mongondow yang spesifiknya pada cerita rakyat Tadohe. Untuk bagaimana kedepannya cerita rakyat dapat dimanfaatkan untuk membangun minat siswa dalam belajar sejarah, guru menyiasati dengan cara menyelipkan cerita rakyat saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Meskipun cerita rakyat belum ada dalam kurikulum akan tetapi setiap dilaksanakan MGMP beberapa guru menyarankan untuk memanfaatkan cerita rakyat dalalam proses belajar. Sehingganya cerita rakyat telah dicantumkan dalam silabus dan RPP yang berkaitan dengan tradisi lisan yang ada di daerah. Meskipun demikian kendala tersebut bukanlah suatu penghalang, melainkan telah ditemukan solusi agar tujuan dari proses pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan cerita rakyat di SMA Negeri 2 Kotamobagu tetap tercapai sebagaimana yang diharapkan. Kata Kunci : Cerita Rakyat, Pembelajaran Sejarah SMA Negeri 2 Kotamobagu.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011