SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR YANTI / 231418078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK Nur Yanti, NIM 231418078 Skripsi â�Å" Nasionalisme Peserta Didik di Masa Pandemi covid-19 SMA Negeri 1 Gorontalo�. Dengan pembimbing (1) Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd., pembimbing (2) Tonny Iskandar Mondong, S.S, MA. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini untuk megetahui : Pertama, Nasionalisme yang ada pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo selama pandemi covid-19. Kedua, upaya guru sejarah dalam meningkatkan sikap Nasionalisme siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo selama pandemi covid-19. Ketiga, hambatan yang di hadapi guru sejarah dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa kela X SMA Negeri Gorontalo selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif, subjektif dalam penelitian yaitu guru sejarah dan peserta didik. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berperan yaitu sebagai pewawancara untuk memperoleh informasi langsung dari guru sejarah serta peserta didik. Hasil penelitian ini dapar disimpulkan bahwa : Pertama, Sikap Nasionalisme yang ada pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gorontalo antara lain yaitu sikap Rela Berkorban, Cinta Tanah Air, Persatuan dan Kesatuan, serta sikap bangga menjadi bangsa Indonesia. Dari sikap nasionalisme tersebut sudah ada di SMA Negeri 1 Gorontalo dan sudah diterapkan walaupun masih ada yang belum maksimal. Kedua, upaya guru sejarah dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik yaitu dengan pengintegrasian nilai-nilai nasionalisme ke dalam mata pelajaran yang dilaksanakan berdasarkan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menyisipkan nilai-nilai dan materi nasionalisme menggunakan metode, media, dan sumber yang telah dirancang oleh guru. Ketiga, adapun hambatan-hambatan yang ditemui guru sejarah dalam proses meningkatkan sikap nasionalisme pada siswa diantaranya, latar belakang siswa yang berbeda-beda, perkembangan teknologi yang turut berpengaruh pada pola fikir siswa, pengaruh media masa, dan fasilitas sekolah yang belum sepenuhnya memadai dalam menunjang pembelajaran sejarah serta minimnya pertemuan jam pelajaran untuk mata pelajaran sejarah. Kata Kunci : Nasionalisme Peserta Didik di Masa Pandemi covid-19 SMA Negeri 1 Gorontalo
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011