Penulis / NIM
FELINA DATUMULA / 231418088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
Abstrak
Felina Datumula. Nim 231418088. Judul Skripsi Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Dulupi. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj Resmiyati Yunus. Pembimbing II Bapak Tony Iskandar Mondong SS. MA.
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui; Pertama efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi. Kedua faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses pembelajaran daring masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan analisis data dan deskritif. Sumber data yang digunakan yaitu informan atau narasumber yang di wawancarai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan. Pertama efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi belum sepenuhnya efektif dikarenakan banyak hambatan serta kekurangan seperti halnya pada masalah jaringan. Karena setiap siswa tidak semuanya tinggal di wilayah yang bagus jaringannya. Kedua faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses pembelajaran daring masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi faktor penghambat dalam pembelajaran daring yaitu peserta didik kurang aktif dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran daring, peserta didik tidak memiliki perangkat handpone/gadget yang digunakan sebagai media pembelajaran daring, sejumlah peserta didik tinggal di wilayah yang tidak memiliki akses internet dan kuota internet, pesrta didik merasa malas dan bosan. Jika ada faktor pendukung seperti handpone, pulsa, kuota, dan jaringan internet yang stabil dan baik, pembelajaran online juga dapat dilakukan.
Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring
Download berkas