Penulis / NIM
REZKY FEBRIENDY DARISE / 241308086
Program Studi
D3 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
LA ODE RASULI, S.Pd., SE., MSA / 0007057701
Pembimbing 2 / NIDN
LUKMAN PAKAYA, S.Pd,. MSA / 0010097103
Abstrak
ABSTRAK
Rezky Febriendy Darise, 241308086, 2012, Program Studi Diploma III Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Analisis Perputaran Piutang Pada PDAM Kota Gorontalo. Pembimbing I La Ode Rasuli, S.Pd, SE, MSA dan Pembimbing II Lukman Pakaya, S.Pd, MSA.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan rasio perputaran piutang perusahaan. Sehingga perusahaan dengan mudah dapat menetahui perputaran piutang serta rata-rata periode pengumpulan piutang untuk mencapai efektinya piutang perusahaan demi kinerja yang lebih baik di masa yang akan datang. Dalam analisis data, penulis menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan mengumpulkan data primer yaitu wawancara dan observasi serta data sekunder berupa dokumen laporan neraca keuangan serta laporan laba/rugi perusahaan, kemudian dikomparasikan dengan teori-teori menyangkut, dasar-dasar akuntansi, analisis perputaran piutang dan periode pengumpulan piutang,
Mengacu pada hasil penelitian, diperoleh perputaran piutang PDAM Kota Gorontalo mengalami fluktuasi yaitu adanya penurunan rasio pada tahun 2009 ke 2010 dari angka 3,96 ke 3,58 dan peningkatan pada tahun 2010 ke 2011 dari angka 3,58 ke 4,21 dan diperoleh rata-rata perputaran piutang setiap periode mencapai 3.91 kali atau dibulatkan menjadi 4 kali (kurang baik). Jika dibandingkan dengan standar perputaran piutang perusahaan yaitu 10 hingga 15 kali setiap periode sehingga membuktikan perputaran piutang masih bermasalah, hal ini disebabkan oleh adanya keterlambatan pembayaran menyebabkan terjadi penunggakan. Selain itu, hasil dari perhitungan periode pengumpulan piutang menunjukan rata-rata pengumpulan piutang sekitar 93 hari atau 3 bulan. Pihak perusahaan dapat menanggulangi masalah ini dengan mengidentifikasi nilai piutang dalam neraca keuangn yang telah melewati periode persentasi penghapusan piutang dan mengupayakan penghapusan piutang, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan atau masyarakat dan mengoptimalkan bagian penagihan serta memberikan sosialisasi tentang pentingnya pembayaran tepat waktu.
Download berkas