Penulis / NIM
FATMAWATY R. ABAS / 261407017
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
Fatmawaty R. Abas, NIM. 261 407 017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo, 2014. dibawah bimbingan Bapak Irwan Yantu, S.Pd.,M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Drs. Rusli Isa,M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survey dengan penyebaran kuisioner pada responden yang dianalisis secara statistik. Pemilihan responden melibatkan populasi (pasien) Rumah Sakit yang masuk pada Bulan Januari sampai Juni dengan 2014, yang diketahui sebanyak 1893 orang, dengan penetapan sampel sebanyak 95 orang pasien.
Hasil penelitian memperoleh persamaan regresi yakni =8.798+0.719, yang menjelaskan bahwa setiap kenaikan 1 satuan kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha Kota Gorontalo, maka akan diikuti kenaikan 0.719 satuan kepuasan pasien. Disamping itu nilai R sebesar 0.563 menjelaskan bahwa sebesar 56.3% dari kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha Kota Gorontalo mempengaruhi kepuasan pasiennya. Adapun sebesar 43,7% dari variabel Kepuasan Pasien yang diterima tidak dapat dijelaskan oleh Kualitas pelayanan yang diberikan, tapi memungkinkan untuk dijelaskan melalui faktor-faktor lainnya seperti Citra Rumah Sakit, Pengalaman dan Keterampilan tenaga medis, Jaminan kesehatan (asuransi) yang diberikan, Lokasi strategis dari rumah sakit, dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan/ jasa, kepuasan pasien
Download berkas