Penulis / NIM
FRISELLIA RIVAI / 261408041
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
Frisellia Rivai. 2013. Pengaruh Advertising Terhadap Peningkatan Penjualan Rokok pada PT. HM. Sampoerna Tbk. Agen Gorontalo. Program Studi S1 Manajemen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Irwan Yantu, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Bapak Drs. Rusli Isa, M.Si.
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Advertising Terhadap Peningkatan Penjualan Rokok pada PT. HM. Sampoerna Tbk. Agen Gorontalo. Permasalahan pada penelitian ini adalah Iklan belum optimal dilaksanakan, khususnya pada tingkatan masyarakat yang ada di lingkungan pesisir dan pedesaan, dan sejauh ini yang dilakukan adalah hanya pada event-event tertentu. Iklan yang dilakukan oleh PT. HM. Sampoerna, Tbk. Agen Gorontalo relatif sedikit dari pada iklan rokok lainnya hal ini terbukti kurangnya promosi melalui media baik radio maupun papan reklame. Persaingan baik dari segi desain maupun harga dengan produk lain cukup tinggi. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Advertising terhadap peningkatan penjualan rokok pada PT HM Sampoerna Tbk. Agen Gorontalo. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, obervasi wawancara, dan dokumentasi.
Hipotesis penelitian yang berbunyi ” Terdapat pengaruh yang signifikan antara Advertising terhadap Peningkatan Penjualan di PT HM Sampoerna, Tbk Agen Gorontalo” dapat diterima dan dapat diuji kebenarannya.
PT HM Sampoerna Tbk. Agen Gorontalo sejauh ini telah melakukan upaya-upaya sosialisasi diri agar masyarakat mau atau merasa tertarik dengan produk yang ditawarkan. Hal ini dilakukan semat-mata untuk meningkatkan penjualan. Persaingan antara industry rokok sejauh ini terus mengalami pertumbuhan yang baik, sehingga iklan atau promosi melalui media-media tertentu dapat dilakukan. Dari hasil penelitian terhadap advertising dengan peningkatan penjualan menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada meningkatnya penjualan dapat dipengaruhi oleh periklanan. Besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh advertising sebesar 96.27 %. Tingkat koefisien ini menunjukkan bahwa advertising memiliki pengaruh yang kuat terhadap peningkatan penjualan Rokok Sampoerna.
Adapun saran dalam penelitian ini adalah Untuk mempertahankan volume penjualan sebaiknya pihak PT HM Sampoerna Tbk Agen Gorontalo lebih memperhatikan faktor tersebut, jenis produk dan keputusan pembeli.
Sebaiknya pihak manajemen lebih meningkatkan penjualannya dengan cara mempermudah dan memperbanyak periklanan di media-media.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum advertising berada pada tingkat atau level sangat baik dalam meningkatkan penjualan, untuk itu agar di masa mendatang lebih ditingkatkan.
Kata Kunci : Advertising, Peningkatan Penjualan
Download berkas