Penulis / NIM
HASANUDIN S. MAKRUF / 261408044
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Hasanudin S. Ma’ruf. Judul Skripsi Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Laptop pada Intertech Computer Gorontalo. Di bawah bimbingan Dr. Syarwani Canon, M.Si dan Idris Yanto Niode, S.Pd., MM.,
Adapun tujuan utama penelitian ini yakni untuk menganalisi dan mendeskripsikan sejauh mana pengaruh antara Atribut Produk terhadap Keputusan Konsumen baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang ada di lingkungan Intertech Computer Gorontalo yang berjumlah 452 orang.
Sampel penelitian yaitu berjumlah 82 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dan analisis data penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Dan berdasarkan indikator penelitan yang mengambil teori oleh : Philip Kotler, (2000: 399) menyatakan beberapa indikator Atribut Produk , yakni Merek, Desain, Kualitas, Garansi,. Kemudian untuk indikator Keputusan Konsumen merujuk pada pendapat yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong (2001;222) yakni : Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Informasi , Penilaian Alternatif, Keputusan Pembelian, Perilaku Setelah Pembelian. Masing – masing indicator dari variable dependen dan independent diatas maka dibuat suatu pernyataan dalam bentuk kuesioner yang nantinya akan dibagikan kepada responden. Adapun hasil penelitian menunjukan analisis regresi sederhana yaitu, Y= 4.403+0.673X.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Peningkatan keputusan pembelian konsumen melalui Atribut Produk pada Intertech Computer Gorontalo secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen ditunjukkan koefiensi derterminasi Adjusted r2 = 0.603 atau sebesar 60,3% dan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Peningkatan keputusan pembelian melalui atribut produk berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keputusan pembelian konsumen ditunjukan oleh (t hitung = 11,134). Hal ini ditunjukkan oleh hasil regresi dimana nilai ? 0,780. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan adanya atribut produk yang tepat dan diterima oleh konsumen maka akan meningkatkan keputusan pembelian laptop di Intertech Computer Gorontalo.
Kata Kunci : Atribut Produk dan Keputusan Pembelian
Download berkas