Penulis / NIM
NURDIN MUSTAFA / 261408089
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Nurdin Mustapa,NIM.261408089. PT. Dwi Putri Utama Mandiri, Jurusan Manajemen, 20 Desember 2012. Pengaruh Marketing Public Relation dan Periklanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Pembimbing I: Dr. H. Rosman Ilato, M.Si, Pembimbing II: Idris Yanto Niode, S.Pd, MM.
Adapun tujuan utama penelitian ini yakni untuk menganalisi dan mendeskripsikan sejauh mana pengaruh antara Pengaruh Marketing Public Relation dan Periklanan Terhadap Loyalitas Pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan yang ada di lingkungan PT. Dwi Putri Utama Mandiri yang berjumlah 67 orang. Sampel penelitian yaitu berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dan analisis data penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Dan berdasarkan indikator penelitan yang mengambil teori oleh : Wasesa (2005 : 87) mengemukakan beberapa indicator Marketing Public Relation yaitu Memberikan edukasi kepada konsumen, Meluncurkan merek atau produk, Membangun event merek, Mengembangkan pelayanan public kepada konsumen, Membantu media melakukan tes produk, Mengajak media dan masyarakat untuk melihat proses pembuatan produk, Mengumumkan penggunaan teknologi baru yang digunakan oleh produk,Menyediakan sarana pemasaran yang murah selain melalui iklan. Dan Darmadi Durianto (2003:311) mengemukanan indikator Periklanan yakni : Empathy (Empati), Persuation (Persuasi), Impact (Dampak), Comunication (Komunikasi). Dan untuk Loyaliitas Pelanggan merujuk pada pendapat Roberts et al.,(2003:226) mengemukakann beberapa indickator Loyalitas Pelanggan, yaitu : Share Information, Say positive Things, Recommended Friends, Continue Purchasing, Purchase Additional Service, Test Newservices.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Peningkatan Loyalitas Pelanggan melalui Marketing Public Relation dan Periklanan pada PT. Dwi Putri Utama Mandiri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan ditunjukkan koofiensi derterminasi r2 = 0,634 atau sebesar 63,4% dan sisanya 36,6% dipengaruhi oleh faktor lain, Peningkatan loyalitas pelanggan melalui Marketing Public Relation berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan ditunjukan oleh (t hitung = 10,352) dan Periklanan (t hitung = 0,768). Hal ditunjukkan oleh hasil regresi dimana Hasil ini menunjukkan bahwa dengan stategi Marketing Public Relation dan Periklanan yang tepat dan diterima oleh pelanggan maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan PT. Dwi Putri Utama Mandiri.
Bagi PT. Dwi Putra Utama Mandiri yang melaksanakan strategi MPR dan Periklanan dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan diharapkan terus melaksanakan strategi tersebut dengan memperbaiki beberapa kekurangan antara lain: proses pelayanan yang tidak sesuai dengan permintaan pelanggan seperti ketidak konsisten terhadap antrian. Komunikasi karyawan yang kurang aktif terhadap pelanggan terkadang membuat pelanggan merasa jengkel dan menimbulkan perasaan tidak puas terhadap pelayanan yang berikan.
Kata Kunci : Marketing Public Relation, Perikalanan dan Loyalitas Pelanggan
Download berkas