Penulis / NIM
RIO SURYA FENDI HALA / 271410132
Program Studi
S1 - ILMU HUKUM
Pembimbing 1 / NIDN
MOH. R. U PULUHULAWA, SH, M.Hum / 0005117004
Pembimbing 2 / NIDN
WENY ALMORAVID DUNGGA, SH., MH / 0022056806
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses atau prosedur pembayaran klaim dan hambatan apa saja yang dihadapi pihak Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera, serta bagaimana mekanisme penyelesaian sengketa klaim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif, lokasi penelitian adalah perpustakaan dan instansi terkait, jenis data dan bahan hukum terdiri dari data sekunder dan data primer, tahnik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, serta populasi dan sampel menggunakan tehnik non random sampling.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pihak Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera belum bisa memberikan pelayanan secara prima, hal ini dapat dilihat dari persyaratan klaim yang cukup berbelit-belit / rumit, karena persyaratannya tidak hanya banyak, tetapi juga sulit untuk segera dipenuhi. Dan untuk penyelesaian sengketa klaim hanya diselesaikan antar pihak yang bersangkutan saja yaitu pemegang polis dan pihak AJB Bumiputera. Untuk itu ketika terjadi suatu klaim pihak AJB Bumiputera harus memberikan persyaratan yg mudah dan tidak berbelit-belit serta harus membantu dalam proses pelengkapan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pencairan klaim.
Kata Kunci : Tinjauan Hukum, Keterlambatan, Pembayaran, Asuransi.
Download berkas