Penulis / NIM
IFRIANTO S. RAHMAN / 271411048
Program Studi
S1 - ILMU HUKUM
Pembimbing 1 / NIDN
NIRWAN JUNUS, SH., MH / 0002066906
Pembimbing 2 / NIDN
WENY ALMORAVID DUNGGA, SH., MH / 0022056806
Abstrak
Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan tentang bagaimanakah efektifitas pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara, dan faktor - faktor yang mempengaruhi terhadap efektifitas pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo.
Metode yang di gunakan oleh Peneliti Bersifat jenis penelitian Yuridis Empris, dan obyek Penelitian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gorontalo Utara. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Persepsi masyarakat terhadap mekanisme pelayanan adminsitrasi kependudukan di Kabupaten Gorontalo Utara belum terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil jawaban para responden berdasarkan hasil penelitian dilihat dari indikator yaitu 1) Kesederhanaan 2) Kejelasan dan Kepastian 3) Keterbukaan 4) Keadilam 5) Ketepatan waktu 6) Kecakapan. Dari enam indikator ini berarti bahwa penyelenggara pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara menandakan bahwa tingkat pelayanannya belum maksimal. namun masih perlu ditingkatkan lagi baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan
Download berkas