Penulis / NIM
MUHAMMAD MUADZ HUSAIN / 271414083
Program Studi
S1 - ILMU HUKUM
Pembimbing 1 / NIDN
NIRWAN JUNUS, SH., MH / 0002066906
Pembimbing 2 / NIDN
DOLOT ALHASNI BAKUNG, SH., MH / 0027088501
Abstrak
A B S T R A K
MUHAMMAD MUADZ HUSAIN NIM : (271 414 083) 2020. PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM PEYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN DI KABUPATEN GORONTALO. Dibimbing oleh masing-masing Pembimbing I :Nirwan Junus, SH., MH dan Pembimbing II : Dolot Alhasni Bakung, SH., MH. Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) dalam menyelesaikan sengketa konsumen di kaab.Gorontalo dan mengetahui faktor-faktor penghambat Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam penyelesaian sengketa konsumen di Kab. Gorontalo. Jenis peelitian yang digunakan adalah jenis penelitian empiris.
Hasil Penelitian bahwa peran Badan Penyelesaian sengketa Konsumen Kab. Gorontalo bertugas menangani dan menyelesaikan sengketa antar pelaku usaha dan konsumen dirasakan belum efektif, banyaknya aduan-aduan konsumen yang masuk dalam beberapa tahun yang lalu tidak dapat diproses dan diselesaikan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen hal ini dikarenakan ditutupnya sementara layanan aduan di BPSK Kabupaten Gorontalo. Banyaknya juga kasus yang di tutup dan tidak berhasil dimediasi selama beroperasinya BPSK Kabupaten Gorontalo dari tahun 2015-2016 menandakan lembaga ini masih perlu pembenahan dan penguatan dalam proses pelaksanaan perlindungan konsumen di Kabupaten Gorontalo. Faktor-faktor penghambat Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kabupaten Gorontalo dipengaruhi oleh 1. Faktor Undang-undang, 2. Faktor kelembagaan, 3. Faktor Sumber daya manusia dan 4. Faktor Budaya masyarakat.
Kata kunci; peran, BPSK, sengketa konsumen.
Download berkas