Penulis / NIM
ISRA / 281412069
Program Studi
S1 - SOSIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Pembimbing 2 / NIDN
RUDY HAROLD, S.Th, M.Si / 0030087507
Abstrak
ISRA INSANUDDIN. 281 412 069.2018. Skripsi. Nilai-Niai PluralismeDalamRuangPublikSekolah. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing 1 Bapak Ridwan Ibrahim, S.Pd, M.Si Dan Pembimbing II Bapak Rudi Harold, S.Th, M.Si.
Penelitian inti bertujuan untuk mengetahi nila-nilai pluralisme yang ada dalam ruang publik sekolah di SMA Negeri 1 Gorontalo. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian. Teknik pengumuplan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini mnggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai pluralisme di Sekolah SMA Negeri 1 Gorontalo adalah meliputi a). Ide dan kesadaran akan nilai penting keragaman dan budaya dalam menghadapi kemajemukan pada lingkungan sekolah khususnya di SMA Negeri 1 Gorontalo di mulai dari diri sendiri (guru) sebagai dasar dalam memengaruhi siswa dalam menanamkan sikap pluralisme. b). Gerakan pembaharuan pendidikan, dalam hal ini tidak adanya diskrimiasi bagi siswa, siswa senantiasa mendapatkan pendidikan yang sama. C). Proses pendidikan dalam memahami dan menghadapi keberagaman adalah melalui rasa saling menghargai dan menghormati antara satu dengan lainnya tanpa memandang suku. Adapun upaya yang dilakukan sekolah dalam menghadapi keanekaragaman (pluralisme) dalam ruang publik yaitu: menerapkan sikap toleransi, bekerja sama dalam kegiatan program sekolah yang terdiri dari OSIS dan ROHIS, dan rasa saling menghargai dalam hal beribadah, dalam hal ini pihak sekolah memberikan ruang publik kepada siswa dalam beribadah.
Kata Kunci: SMA Negeri 1 Gorontalo, Pluralisme, Konsep Pendidikan, Nilai, Interaksi Sosia
Download berkas