Penulis / NIM
SITI NUR AIN BAIT / 281412122
Program Studi
S1 - SOSIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
FARID TH MUSA, S.Sos, MA / 0010116712
Pembimbing 2 / NIDN
SAINUDIN LATARE, S.Pd.,M.Si / 0010087509
Abstrak
Industri Online Shop
Siti Nurain Bait
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
Nurain281412122@yahoo.com
ABSTRAK
Bait, Siti Nurain. 2016. " Industri Online Shop ( Studi Kasus Online shop di Kalangan Mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS UNG)". Skripsi. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Farid. Th. Musa. S.Sos., MA dan pembimbing (II), Bapak Sainudin Latare.S.Pd. M.Si
Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang sangat dekat dengan persoalan akses informasi dan dunia internet, Online Shop merupakan bentuk perubahan dalam berbelanja. Online shop memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya apakah hal itu yang membuat mahasiswa Sosiologi FIS UNG memilih untuk menggunakan online shop ataukah ada hal lain yang mendorong mahasiswa Sosiologi memilih online shop sebagai cara berbelanja. Penelitian ini bertujuan mengungkap dua aspek yakni : (1) apakah factor penyebab industry online shop di kalangan mahasiswa jurusan Sosiologi FIS UNG , (2) bagaimana dampak industry online shop di kalangan mahasiswa Sosiologi FIS UNG.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah Mahasiswa Sosiologi FIS UNG yang menggunakan jasa online shop yang terdiridari 7 angkatan.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa online shop di kalangan mahasiswa Sosiologi FIS UNG memberikan berbagai perubahan cara berbelanja. Online shop sudah banyak menggantikan model belanja konvesional menjadi online shop. Terdapat dampak positif dan negatif dalam online shop ini,dan memiliki beberapa faktor penyebab online shop yaitu sederhana dan simpel, harga lebih terjangkau, efisien, jam nonstop, dan akses yang mendukung.
Kata kunci :Online shop, Perubahan sosoial budaya, Konsumerisme
Download berkas