Penulis / NIM
RAHMAWATI HAMZAH / 281413003
Program Studi
S1 - SOSIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAHMATIAH, S.Pd., M.Si / 0011117503
Pembimbing 2 / NIDN
SAINUDIN LATARE, S.Pd.,M.Si / 0010087509
Abstrak
Rahmawati Hamzah, 281413003, 2020. Skripsi âStudi Pendidikan Nonformalâ- (Studi Penelitian Kursus Bahasa Arab Desa Wonggahu Jl.Trans Sulawesi Kec.Paguyaman Kab.Boalemo, Program Studi S1 Sosiologi, Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oeh Dr. Rahmatiah, S.Pd, M.Si sebagai pembimbing I dan Sainudin Latare, S.Pd, M.Si Pembimbing II.
Pendidikan merupakan dua kata yang integral dalam pengetahuan ilmiah, ilmu pendidikan dan mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan usaha-usaha penapaian tujuan pendidikan secara universal. Pendidikan melibatkan siswa dan tutor (sejenis dengan guru).
Dalam dunia pendidikan pasti terdapat proses interaksi sosial antara siswa dan tutor baik dalam pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Terjalinnya proses interaksi sosial antara siswa dan tutor membutuhkan sarana dan prasarana yang cukup memenuhi agar terlaksananya proses pembelajaran yang cuku efisien serta dapat mencapai salah tujuan pendidikan non formal dalam teori struktural dan fungsional yang dinyatakan oleh Robert K. Merton.
Jenis penelitian kualitatif, Metode Kualitatif ini digunakan karena beberapa pertimbangan. Pertama, menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan keadaan ganda; kedua, metode ini menyajikaan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan responden ; dan ketiga, metode ini lebih peka dan lebih dapat
Kata Kunci : Pendidikan Nonformal, Interaksi, Siswa, Tutor, Kursus Bahasa Arab, Orang tua siswa.
Download berkas