Penulis / NIM
SRIVIANA RAHMAN / 281416005
Program Studi
S1 - SOSIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAUF A HATU, M.Si / 0016126307
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAHMATIAH, S.Pd., M.Si / 0011117503
Abstrak
Di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo siswa-siswanya merupakan generasi milenial yang mahir teknologi dan guru di sekolah tersebut merupakan generasi sebelum milenial (Digital Migrant). Adanya perbedaan yang jauh antara siswa dan guru di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo menyebabkan kurangnya interaksi dalam proses pembelajaran. Guru yang merupakan generasi sebelum milenial (digital migrant) memerlukan sebuah proses migrasi dan juga adaptasi. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana proses adaptasi guru di era milenial di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan data penelitian dalam bentuk kalimat-kalimat berupa keterangan atau pernyataan-pernyataan dari responden dan sesuai dengan realitas yang ditemukan dilapangan. Peneliti menggunakan teori tipologi adaptasi Robert K. Merton.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa adaptasi yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 9 : 1) Memanfaatkan internet dalam proses pembelajaran. 2) Menggunakan media teknologi berupa aplikasi untuk menjadi media pendukung proses pembelajaran. 3) Menggunakan metode diskusi. 4) Melakukan pendekatan dengan siswa dengan selalu menjalin komunikasi, dengan menggunakan media sosial sebagai media komunikasi. 5) Melakukan pengawasan terhadap siswa dalam penggunaan media sosial dan mengontrol melalui media sosial.
Download berkas