Penulis / NIM
MOHAMAD DODDY RIVALDY IBRAHIM / 281418001
Program Studi
S1 - SOSIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAUF A HATU, M.Si / 0016126307
Pembimbing 2 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Abstrak
Moh. Dody Rivaldi Ibrahim. NIM 281418001. 2021. Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Pembelian Gadget Di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Univeritas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Rauf A. Hatu, M.Si., Pembimbing II: Ridwan Ibrahim, S.Pd., M.Si.
Kebiasaan boros terhadap pembelian gadget mengarah kepada perilaku konsumtif sudah menjadi bagian dari perilaku sosial di era ini. Oleh sebab itu, penelitian ini mengkaji tentang Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang bertujuan untuk menganalisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa pada pembelian gadget di FIS, UNG. Penelitian ini bermanfaat secara teoritis, guna memperkuat pengetahuan, dan secara praktis, guna memberikan pemahaman terkait perilaku konsumtif.
Teori Konsumtif merupakan sebuah teori yang menitikberatkan pada sebuah perilaku konsumtif yang justru bergeser dari nilai-nilai sosial karena memiliki dampak yang sifatnya sangat individualistis. Metode yang dipakai dalam penelitian ini berfokus pada kajian teks, sehingga penelitian ini dilaksanakan secara pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari informan (Mahasiswa berperilaku Konsumtif) yang ada di lokasi penelitian yakni Fakultas Ilmu Sosial ditentukan dengan sengaja (purposive), melalui teknik pengumpulan Partisipasi pasif dalam Observasi Partisipatif dan juga Triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan beberapa alasan kecenderungan informan untuk berperilaku konsumtif yakni penanda sosial, kepentingan keinginan daripada kebutuhan, pengaruh iklan, dorongan lingkungan pergaulan, keunikan fitur, dan diskon penawaran barang. Gadget tidak lagi di fungsikan sebagai alat komunikasi tapi juga sudah merupakan salah satu alat untuk dapat mempermudah baik itu dari perolehan informasi serta menjadi salah satu bagian dari gaya hidup.
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Gadget.
Download berkas