Penulis / NIM
FAUZAN AZIM / 291410045
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARJO, S.Pd., M.Si / 0009067607
Pembimbing 2 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Abstrak
ABSTRAK
Fauzan Azim, 2015. Manajemen Program Siaran (Studi Kasus Dialog Interaktif Kopi Pagi Di RRI Pro Satu Gorontalo). Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sumarjo, dan Pembimbing II Zulaeha Laisa. Manajemen merupakan sebuah proses untuk dapat mengatur/mengontrol jalannya siaran, mulai dari merencanakan kegiatan siaran, memproduksi siaran, mengorganisasikan orang-orang yang handal dalam bidangnya sesuai kebutuhan, menggerakkan sumber daya yang dimiliki, serta mengawasi dan mengevaluasi segala aktivitas proses pelaksanaan siaran. Tujuan penelitian ini, yaitu : 1) Untuk mengetahui manajemen program siaran dialog interaktif "Kopi Pagi" di LPP RRI Pro Satu Gorontalo; 2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh penyiar dalam menyajikan program acara Kopi Pagi di RRI Pro Satu Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, karena sifat data yang diperoleh merupakan deskripsi dari subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data berupa pengamatan dan wawancara kepada Kasubsi RRI Pro Satu Gorontalo, penyiar, dan Penelpon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Manajemen program siaran dialog interaktif "Kopi Pagi" di RRI Pro Satu Gorontalo sudah berjalan sebagaimana mestinya, baik dari segi perencanaan program, produksi program, pengorganisasian, penggerakkan/pelaksanaan program, serta pengawasan dan evaluasi program; 2) minimnya pengetahuan penyiar pada topik-topik tertentu, sehingga kurang menarik minat pendengar.
Kata kunci: manajemen, program, siaran, RRI.
Download berkas