Penulis / NIM
BELASRI ILAHUDE / 291410049
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
NOVAL SUFRIYANTO TALANI, S.Sn, M.Ds, M.Si / 0012117905
Abstrak
ABSTRAK
Belasri Ilahude, 2015. "Strategi Promosi Karawo Pada Toko maharani (Suatu Tinjauan Komunikasi Pemasaran)". Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Zulaeha Laisa; dan Pembimbing II Noval Sufriyanto Talani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi karawo di Toko Maharani yang fokus meneliti bagaimana periklanan, pemasaran langsung, penggunaan pesan dalam mempromosikan karawo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan: (1) Strategi Promosi periklanan karawo pada Toko maharani berjalan dengan baik. Ini terlihat dari memaksimalkan penggunaan media periklanan untuk mempromosikan karawo melalui media periklanan banner, paper bag, papan iklan dan radio telah berfungsi untuk memberikan sebuah informasi ataupun memperkenalkan kerajinan tidak hanya untuk masyarkat Kota Gorontalo saja akan tetapi pengunjung dari luar Kota Gorontalo, meskipun demikian ada beberapa media periklan yang belum dimaksimalkan karena terkendala oleh besarnya pembiayaan iklan di koran maupun televisi lokal yang ada di Kota Gorontalo. (2) Strategi promosi pemasaran langsung karawo pada Toko Maharani melalui BBM, Telepon, Barang-barang pajangan, sponsor telah berjalan dengan baik. Ini dibuktikan dengan cara atau taktik dari Toko Maharani dalam menjangkau para konsumen secara dekat dan juga memberikan alternatif terbaik untuk para konsumen dalam berbelanja kabutuhan karawo. (3) penggunaan pesan yang digunakan oleh Toko Maharani yaitu dengan menggunaan tag line Toko Maharani dan juga pesan yang berisikan informasi mengenai kerajinan karawo, lalu membujuk serta mengingatkan sasaran akan kerajinan karawo dan usaha pada masyarakat luas, terlebih khusus untuk para konsumen yang dari luar Kota yang belum Mengetahui manfaat dan kegunaan dari kerajinan karawo.
Kata Kunci: komunikasi pemasaran, strategi promosi, periklanan dan pemasaran langsung
Download berkas