Penulis / NIM
REZA RIZALDY HUSAIN / 291411007
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
Reza Rezaldy Husain. 2018. Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (Studi Deskriptis Penjualan Online pada Belanja online Riela Shop). Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo. Zulaeha Laisa, S.Sos.,M.Si selaku Pembimbing I dan Citra F.I.L Dano Putri, S.Pd,M.I.Kom selaku Pembimbing II
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Periklanan yang dilakukan yaitu dengan memajang semua produk dan memasukannya di Grub BBM atau memposting langsung di facebook. Menggunakan media grub BBM pada tahun 2014-2015, pada tahun 2016 dan tahun 2017 mencoba alternatif pada media sosial facebook, instagram dan Whatsapp, sementara juga dibuatkan grub telegram dan adanya peran serta keluarga, kerabat, karyawan sangat membantu untuk menyebarkan periklanan melalui media sosial. Personal Selling atau penjualan secara pribadi dilakukan melalui penyampaian informasi dari penjelasan yang diberikan secara menarik, jelas dan sesuai dengan kenyataan sehingga pelanggan membeli, karyawan memposting jualan pada masing-masing akun media sosial mereka. Public Relation dilakukan dengan selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat, menjalin komunikasi dengan masyarakat, menyampaikan informasi dengan komunikasi yang baik pada pelanggan dengan dengan sopan, berbicara dengan sopan, sehingga pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Riela Online Shop, dengan begitu akan selalu terjalin hubungan yang baik. Pihak Riela Shop Gorontalo dalam memasarkan langsung ke pelanggan produk Riela Shop melalui media online, memposting foto-foto barang yang dijual yang mengundang selera konsumen untuk datang ke toko atau melakukan transaksi langsung melalui chat atau televon. Karena media sosial mencakup semua daerah di Indonesia khususnya di Gorontalo maka Riela Shop Gorontalo hanya dibatasi pada pelanggan daerah Kota Gorontalo, Bone Bolango dan Limboto.
Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Media Komunikasi Pemasaran
Download berkas