SKRIPSI

Penulis / NIM
ZAINAL R. GALLE / 291411034
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
ABSTRAK ZAINAL R GALLE. 2018. Strategi Promosi Parawisata Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan (Studi Deskriptif Di Dinas Parawisata Kepemudaan Dan Olahraga Kota Gorontalo). Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Zulaeha Laisa, Pembimbing II, Citra F.I.L Dano Putri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Promosi Kunjungan Wisatawan dan Bagaimana Strategi Pemerintah dalam hal ini Dinas Parawisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Strategi promosi wisata pada Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo didasari dengan pemetaan masalah pariwisata yang berupa melihat kekuatan potensi wisata yang bisa dikembangkan di Kota Gorontalo, kemudian melihat kelemahan yang ada dan melihat peluang yang baik dalam kepariwisataan serta melihat ancaman yang akan mengganggu dalam pariwisata Kota Gorontalo. Kemudian solusi yang ditempuh tertuang dalam rencana strategi jangka panjang yaitu Rencana Strategis (Renstra) melalui pengembangan wisata dengan memperbaiki image Kota Gorontalo, sedangkan rencana strategi jangka pendek melalui Rencana Kerja (Renja) yaitu pengembangan pemasaran pariwisata, pengembangan kemitraan dan rehabilitasi dan pemeliharaan obyek wisata. (2). Faktor yang mendukung promosi wisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo adalah: Adanya kerjasama yang baik antara wisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo dengan kabupaten-kabupaten atau kota antar Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga yang ada di Propinsi Gorontalo, jadwal pameran dan promosi wisata di dalam negeri dan di luar negeri sudah terjadwal. (3). Faktor yang menghambat promosi wisata wisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo adalah: Terbatasnya dana yang dianggarkan sehingga belum dapat memaksimalkan promosi wisata, belum adanya bagian khusus yang menangani masalah promosi wisata, misalnya belum adanya bagian public relations wisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo, obyek wisata belum ditata dan dikelola dengan baik, termasuk belum terpenuhinya sarana dan fasilitas pendukung bagi wisatawan. (4). Upaya untuk mengatasi hambatan kegiatan promosi wisata wisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo adalah dengan menjalin kerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata Kota Gorontalo, dan kerjasama dengan pihak swasta. Kata Kunci: Strategi Promosi, Parawisata, Wisatawan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011