Penulis / NIM
ISRAN MAADI / 291413011
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
Pemanfaatan Media Massa Sebagai Strategi Pencitraan Organisasi
Pemerintah
(Studi Deskriptif Pada Humas Polda Gorontalo)
Isran Maadi, * Zulaeha Laisa,** Citra F.I.L Dano Putri.
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Strategi Humas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh setiap praktisi Humas suatu organisasi untuk menjalin hubungan baik dengan media massa guna mencapai publikasi yang maksimal. Media massa maupun Humas saling memanfaatkan dan menguntungan (simbiosis mutualisme). Untuk meningkatkan hubungan dengan media massa, Humas Polda Gorontalo melakukan media relations dengan para awak media dan wartawan. Adapun " Bagaimana strategi Humas Polda Gorontalo memanfaatkan media massa sebagai pencitraan kepolisian" dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi Humas Polda Gorontalo memanfaatkan media massa sebagai pencitraan kepolisian.
Penelitian dilakukan di Polda Gorontalo, dengan subjek penelitian adalah Humas Polda Gorontalo dan objek penelitian adalah bentuk kerjasama Humas Polda Gorontalo dengan media massa untuk pencitraan kepolisian. metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Humas Polda Gorontalo memanfaatkan media massa sebagai pencitraan kepolisian, Humas Polda melakukan dengan menjalin hubungan baik dengan awak media dan wartawan, agar tujuan publikasi yang positif melalui media massa dapat tercipta. kegiatan ini sudah memenuhi teori dari (Iriantara, 2011:77), di antaranya : Pertama mengelola relasi kedua mengembangkan strategi, dan ketiga mengembangkan jaringan, Sehingga saran peniliti adalah Humas Polda Gorontalo harus mempertahankan strategi media relations yang dijalankan saat ini.
Kata kunci : Strategi Humas, Media Relations, Media Massa, Pencitraan
Download berkas