SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD NUR IMAN H. HUSAIN / 291414007
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
MOHAMAD REZA, S.Pd, M.I.Kom / 0017058007
Abstrak
Abstrak Muh. Nur Iman Husain 291414007. Komunikasi terapeutik terapis kepada anak berkebutuhan khusus (studi deskriptif komunikasi terapeutik terapis kepada anak penyandang autis pada pusat pelayanan autis provinsi Gorontalo) skripsi program studi S1 ilmu komunikasi, jurusan ilmu komunikasi, fakultas ilmu sosial, universitas negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Zulaeha Laisa, S.Sos., M.I.Kom (selalu pembimbing 1) dan bapak Mohamad Reza, S.Pd, M.I.Kom (selaku pembimbing 2) Penelitian ini membahas tentang bagaimana seorang terapis dapat berkomunikasi dengan anak berkebutuhan khusus yang penyandang autis dengan menggunakan metode komunikasi terapeutik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi, peristiwa, dan tindakan komunikasi terapeutik yang dilakukan terapis kepada anak yang berkebutuhan khusus agar dapat mudah berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan studi deskriptif dan menggunakan teori komunikasi terapeutik. informan dalam penelitian ini 2 orang terapis yang berlatar belakangi psikolog dan koordinator dari semua terapis yang ada di PLA. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) komunikasi terapeutik antara terapis dan anak penyandang autis, telah berlangsung dengan baik. Hal ini tercermin dari cara terapis memberikan terapi dengan cara yang lembut dan memberikan komunikasi secara langsung dengan menggunakan ekspresi yang menyenangkan sehingga dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri dari anak penyandang autis tersebut. 2) komunikasi yang terjalin antara terapis dan anak penyandang autis terbilang cukup afektif karena dengan menggunakan ruangan yang berukuran 4x8 meter dan dengan menggunakan tempat duduk yang berhadapan. 3) dengan menggunakan kesabaran dan ketulusan, aktivitas komunikasi terapeutik yang terjadi cukup baik. Disetiap komunikasinya selalu dibarengi dengan maksud dari pernyataan tersebut sehingga anak mampu menangkap apa yang terapis maksudkan. Kata kunci : komunikasi terapeutik, terapis, anak berkebutuhan khusus, autis
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011