Penulis / NIM
ARIF KARIM / 291414013
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAHMATIAH, S.Pd., M.Si / 0011117503
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
ARIF KARIM. 2020. KOMUNIKASI BISNIS ANTAR PEMILIK MEDIA DALAM MEMBANGUN MEDIA ONLINE. SKRIPSI, PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, FAKULTAS ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. PEMBIMBING I, RAHMATIAH, PEMBIMBING II, CITRA F.I.L DANO PUTRI.
Berita hoax menghilangkan kepercayaan publik terhadap media online lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, mereka (wartawan) tak sekedar mendirikan media online saja, melainkan membentuk perkumpulan yakni Media Publisher Group Gorontalo. Di Publisher ini, terdapat 10 media online yang tergabung di dalamnya yaitu : cakrawala.co; hulondalo.id; 60dtk.com; read.id; pojok6.id; tatiyechannel.com; gopos.id; habari.id; prosesnews.id dan dulohupa.id.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara serta dokumentasi dalam menjawab pokok masalah penelitian yang diangkat yakni komunikasi bisnis antar pemilik media yang tergabung dalam Media Publsiher Group Gorontalo dalam membangun media online.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Dua alasan yang paling mendasar terbentuknya publisher yakni peluang bisnis dan perkembangan zaman (teknologi informasi). (2) Komunikasi verbal menjadi bentuk komunikasi yang lebih banyak dari pada komunikasi non verbal dalam membangun dan menjaga relasi bisnis. (3) Ide dan gagasan bisnis yang dimiliki para pemilik media online selalu dibahas dalam rapat (pertemuan) terbuka. (4) Kendala yang sering dihadapi dalam membangun media online yakni Sumber Daya Manusia (SDM).
Kata Kunci : Komunikasi Bisnis, Media Online, Publisher Gorontalo
Download berkas