Penulis / NIM
PANDJI PRADANA KURNIAWAN / 291414014
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
ABSTRAK
Pandji Pradana Kurniawan 291414014. Peran Travel dalam Mempromosikan Pariwisata Pulo Cinta (Studi Deskriptif Asosiasi Travel Gorontalo). Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Oleh Ibu Zulaeha Laisa, (pembimbing I) dan Ibu Citra F.I.L Dano Putri, (pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Asosiasi Travel (ASITA) Gorontalo mempromosikan pariwisata yang ada di gorontalo khususnya Pulo Cinta sendiri. Dan apa saja tantangan atau hambatan yang dihadapi dalam mempromosikan pariwisata Pulo Cinta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif Deskriptif, dengan cara mengumpulkan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa, Asosiasi Travel Gorontalo melakukan promosi media sosial dengan alasan media sosial lebih efektif dari pada membagikan pamflet dan brosur. ASITA Gorontalo sendiri mengakui bahwa 70% - 30% lebih cendrung ke media sosial dalam mempromosikan pariwisata Pulo Cinta, adapun yang menjadi hambatan atau tantangan tersendiri untuk asita adalah jasa travel ilegal dan online travel agent yang masih saja beroprasi dan tidak ada jaminan asuransi.
ASITA Gorontalo dan Pemerintahan harus memperhatikan para travel illegal dan online travel agent yang menghambat promosi dari ASITA dan menurunnya perekonomian daerah dalam bidang pariwisata serta mengutamakan kenyamanan para wisatawan.
Kata Kunci: bauran promosi, pariwisata, travel
Download berkas