Penulis / NIM
YULIANA ATILIDA / 291414060
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK
YULIANA ATILIDA. 2019. KEMISKINAN SEBAGAI KOMODIFIKASI DALAM TAYANGAN TELEVISI. SKRIPSI, PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, FAKULTAS ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. PEMBIMBING I, ZULAEHA LAISA, PEMBIMBING II, TONNY ISKANDAR MONDONG.
Kemiskinan seolah diubah esensinya menjadi sebuah komoditas. Melebih-lebihkan kondisi sosial ekonomi pemeran serta menonjolkan kehidupannya yang kurang mampu. Adapun tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui bagaimana struktur makro kemiskinan sebagai komoditas pada tayangan reality show Orang Pinggiran Episode"Pelita Bagi Ibu dan Adikku (untuk mengetahui bagaimana struktur mikro kemiskinan sebagai komoditas pada tayangan reality show Orang Pinggiran Episode."Pelita Bagi Ibu dan Adikku.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data; pengamatan, seleksi data dan analisis data yang mengacu pada kajian kritis Analisis Wacana Van Dijk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Struktur makro fokus pada topik/tema yang diangkat dalam sebuah wacana. Maka dapat dirumuskan bahwa topik/tema tayangan Orang Pinggiran pada episode kali ini adalah kondisi kemiskinan yang dialami oleh Sutimah; (2) Suprastruktur menjelaskan bagaiamna alur dari sebuah wacana di bentuk. Tayangan Orang Pinggiran pada episode Pelita Bagi Ibu dan Adikku menggunakan alur maju, dimana pembuka tayangan diawali dengan perkenalan sosok Sutimah, Ibu Sutimah dan adiknya; (3) Struktur mikro merupakan struktur pelengkap untuk memperlihat hal-hal secara detail yang mendukung struktur makro dan suprastruktur di atas. Struktur ini meliputi semantik, sintaksis dan retoris.
Kata Kunci : Kemiskinan, Komodifikasi, Tayangan Televisi.
Download berkas