Penulis / NIM
ZUBAIR BUHANG / 291415006
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Abstrak
POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DAN SISWA
TUNAGRAHITA DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN MATERI
PEMBELAJARAN DI SLB NEGERI KABUPATEN GORONTALO
Zubair Buhang
291415006
Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang bagaimana pola komunikasi antarpribadi guru
dan siswa tunagrahita dalam memberikan pemahaman materi pembelajaran, dimana
penyampaian materi pembelajaran seorang pengajar kepada anak tunagrahita,
dilakukan dengan pendekatan secara individu terhadap siswa tunagrahita, karena anak
tunagrahita memiliki keterhambatan daya ingat yang berbeda beda. Peran guru
di sekolah dianggap bisa memberikan materi pembelajaran, gagasan dan juga wawasan
pada siswa, saat proses pembelajaran berlangsung guru menyampaikan materi
pembelajaran dengan verbal dan juga dibantu dengan gambar atau simbol untuk bisa
dipahami oleh siswa tunagrahita.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara seorang
pengajar berkomunikasi dalam memberikan pemahaman pembelajaran yang bisa
di ingat oleh anak tunagrahita. Subjek penelitian yaitu dua orang anak tunagrahita.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang terjadi di dalam kelas
menggunakan komunikasi antar pribadi yang dibawakan secara personal oleh guru
dengan siswa tunagrahita. Kemudian Pola komunikasi yang dibangun guru dengan
siswa pada saat pembelajaran berlangsung yaitu pola komunikasi sirkular dimana
terjadinya feedback dalam proses pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Antar Pribadi, Guru, Siswa,
Tunagrahita.
Download berkas