Penulis / NIM
NAIKKE AVIONIKA KIAT / 291415009
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVAL SUFRIYANTO TALANI, S.Sn, M.Ds, M.Si / 0012117905
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
ABSTRAK
Naikke Avionika Kiat. 2022. .."Personal Branding Youtuber Gorontalo (Studi Deskriptif pada Youtuber Andi Kahar/Andhika Gemintang)Ã. Skripsi Jurusan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Noval Sufriyanto Talani, S.Sn, M.Ds., M.Si (Pembimbing I) dan Citra F.I.L Dano Putri, S.Pd., M.I.Kom (Pembimbing II)
Personal Branding menjadi alat pemasaran khususnya pemasaran diri seseorang terhadap orang lain yang menjadi target sasarannya. Personal branding merupakan salah satu bagian dalam branding. Ringkasnya brand itu berhubungan dengan merek, konsep bisnis dan pemasaran, membentuk persepsi orang, memberikan nilai tertentu, dan memberikan keunggulan kompetitif terhadap produk, perusahaan, atau individu tertentu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan identitas personal, citra personal, dan positioning Andi Kahar sebagai Youtuber Gorontalo. Deskripsi ini merupakan langkah dalam memahami personal branding Andi Kahar yang dikenal melalui channel Youtube Andhika Gemintang. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa Personal Branding Andi Kahar yang dikenal melalui channel Youtube Andhika Gemintang secara spesifik dalam penelitian ini konsep utama dari Rampersad digunakan sebagai landasan teori untuk menganalisis personal branding Youtuber Gorontalo Andi Kahar yang dibagi kedalam tiga aspek, yaitu identitas personal, citra personal, dan positioning. Merujuk pada konsep Rampersad, identitas personal meliputi keotentikan, integritas, konsistensi, dan spesialisasi. Visibilitas, nama baik, dan kinerja termasuk kedalam citra personal. Sementara positioning terdiri dari konsep otoritas, keberbedaan, relevan, dan persistensi.
Kata Kunci: Personal Branding, Youtuber
Download berkas