Penulis / NIM
IMRAN RADJAK / 291415021
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
Pesatnya pertumbuhan usaha dalam bidang fashion di Gorontalo membuat para pelaku usaha melakukan berbagai strategi mempromosikan produk mereka agar bisa di respon oleh masyarakat. Salah satu usaha yang bergerak dalam bidang fashion dengan bahan jeans adalah Bandung Jeans House dan sampai sekarang mampu bersaing dengan usaha-usaha yang menyediakan pakaian berbahan jeans secara instan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana komunikasi pemasaran terpadu Bandung jeans house dalam memperkenalkan custom jeans. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi pemasaran terpadu dalam hal Memperkenalkan Custom Jeans.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode desktiptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Bandung Jeans House belum memiliki bagian humas yang tetap dan sangat kurang melakukan komunikasi pemasaran secara tatap muka dengan konsumen. Tetapi, Bandung Jeans House melakukan metode-metode dari komunikasi pemasaran terpadu, seperti periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, serta acara dan pengalaman. penggunaan media sosial juga dilakukan Bandung Jeans House untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian yang dideskripsikan, diperoleh kesimpulan bahwa metode-metode dari komunikasi pemasaran terpadu belum dilakukan sepenuhnya oleh Bandung Jeans House seperti penjualan personal atau komunikasi pemasaran secara tatap muka. Saran dari penelitian ini yaitu Bandung Jeans House harus memiliki bagian humas (hubungan masyarakat) yang tetap sehingga kegiatan dari komunikasi pemasaran terpadu bisa terlaksana dengan baik dan terstruktur.
Kata Kunci : Komunikasi pemasaran terpadu, promosi, Bandung Jeans House
Download berkas