Penulis / NIM
NUR INTAN SYAFITRI BASALAMA / 291415040
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Abstrak
STRATEGI KOMUNIKASI DI SEKOLAH PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BRILLI KIDS LEADERSHIP SCHOOL
Nur Intan Syafitri Basalama
Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Pendidikan anak usia dini sejatinya adalah investasi jangka panjang untuk meraih kesuksesan di masa mendatang, berkaca pada hal itu orang tua tentu menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya. Namun kenyataannya masih banyak sekolah-sekolah PAUD yang masih belum memenuhi standar kriteria orangtua, pada dasarnya pendidikan akan dapat diperoleh anak ketika metode dan sistem pembelajaran dikelas sesuai dengan gaya belajar mereka. Oleh karena itu sebelum menentukan pilihan sekolah mana yang akan dimasuki, sebaiknya orang tua harus terlebih dahulu mengetahui kemampuan dan kebutuhan anak. Hal ini untuk memastikan anak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan menyenangkan tanpa merasa tertekan, oleh karena itu penting untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas.
Tujuan dari penelitian ini untuk membentuk suatu karya ilmiah yang mendeskripsikan strategi komunikasi di sekolah pada pendidikan anak usia dini di Brilli Kids Leadership School. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Harold Laswell.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi hasil penelitian yaitu Strategi komunikasi yang di terapkan pada Brilli Kids Leadership School ini lebih kepada mendidik anak dalam pembelajaran karakter. Strategi yang dilakukan ini dengan berdasarkan pada pedoman yang diberlakukan pada sekolah ini dan juga metode yang digunakan yakni metode Montessori yang dikombinasikan dengan metode IHF. Strategi komunikasi yang direncanakan dan diatur dalam Brilli Kids Leadership School ini adalah bagaimana anak ����¯�¿�½" anak mengeksplor suatu tindakan yang dilakukan dengan cara memberikan peringatan atau tidak menegur secara langsung kepada anak.
Kata kunci : Strategi komunikasi, anak usia dini.
Download berkas