Penulis / NIM
INDIRWAN MUHTAR / 291415052
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Pembimbing 2 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Abstrak
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM TRANSAKSI
JUAL BELI HANDPHONE
(STUDI KASUS RESELLER HANDPHONE DI KOTA GORONTALO)
Indirwan Muhtar
Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki angka paling tinggi dijadikan sebagai sarana pemasaran produk. Pengguna paling tinggi inilah yang menjadikan facebook sangat efisien untuk memasarkan produknya.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran secara langsung terhadap situasi yang diteliti dilapangan. Teori yang digunakan adalah Teori Computer Mediated Communication (CMC). Data dalam penelitian ini didapatkan melalui data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat diperoleh bahwa penggunaan media sosial facebook dapat memudahkan reseller untuk mendapatkan calon pembeli, transaksi yang dilakukan oleh reseller handphone di Kota Gorontalo dapat dilakukan secara langsung untuk menghindari adanya kerusakan pada handphone tersebut, dan untuk lebih meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa membeli produk melalui sosial media facebook sangatlah mudah dan terpercaya.
Kata Kunci : Media Sosial Facebook, Teori Computer Mediated Communication, Reseller Handphone di Kota Gorontalo
Download berkas